Sekilas Tentang Pondok Pesantren Ulul Albab

            

    Pondok Pesantren Ulul Albab adalah amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah Mojopetung-Dukun-Gresik yang diresmikan pada tanggal 15 Sya’ban 1437 H dan bertepatan dengan 22 Mei 2016 M. Beberapa bulan setelah diresmikan, Pondok Pesantren Ulul Albab langsung menerima santri angkatan pertama untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran pada tahun pelajaran 2016/2017.      
    Dalam menempuh pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Ulul Albab, para santri mendapatkan pendidikan formal di Muhammadiyah Education Center (MEC) Mojopetung Dukun Gresik. MEC Mojopetung yang memberikan pendidikan formal bagi para santri Pondok Pesantren Ulul Albab memiliki beberapa unit pendidikan. Di antara unit pendidikan formal yang dimiliki oleh MEC Mojopetung adalah PAUD dan TK untuk pra-sekolah, MI (Madrasah Ibtidaiyah) untuk pendidikan dasar dan MTs (Madrasah Tsanawiyah) untuk pendidikan menengah.
      Selain pendidikan formal yang didapatkan dari MEC Mojopetung, santri Pondok Pesantren Ulul Albab mendapatkan pendidikan non-formal kepesantrenan yang sepenuhnya dilaksanakan di dalam Pondok Pesantren Ulul Albab. Sistem pembinaan 24 (dua puluh empat) jam yang diterapkan dalam pendidikan di Pondok Pesantren Ulul Albab diharapkan dapat membentuk iman, ibadah, dan akhlak santri secara optimal.
      Untuk pendidikan kepesantrenan dengan tujuan pembentukan iman, ibadan, dan akhlak yang optimal, berbagai macam pembinaan dan kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren Ulul Albab. Di antara kegiatan tersebut adalah kegiatan Tahfizhul Qur’an dengan target: santri hafal 2 (dua) juz dalam satu tahun. Sedangkan untuk hafalan hadits, hadits-hadits pilihan (tematik) menjadi target untuk dihafalkan para santri dengan target tertentu setiap tahunnya.
      Selain itu, untuk pembinaan akidah dan ibadah santri di Pondok Pesantren Ulul Albab, santri diajarkan dan dibina secara praktis untuk berakidah dan beribadah sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pembinaan yang bersifat praktis tersebut diperkuat dengan pengajaran teoritis baik di kelas-kelas tambahan yang diadakan di lingkungan Pesantren maupun melalui pengajian kitab-kitab yang dilaksanakan dan menjadi program rutin pekanan Pesantren. 
      Sebagai penguat program pemahaman kitab, penguasaan terhadap Bahasa Arab dan Bahasa Inggris juga menjadi suatu yang mendapat perhatian dalam membekali keterampilan santri Pondok Pesantren Ulul Albab untuk memahami dan membaca kitab. Dalam program pembinaan bahasa ini, Pondok Pesantren Ulul Albab melaksanakan program menjadikan bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari dan bahasa pengantar pembelajaran untuk santri tingkat lanjut.
      Bidang kepemimpinan dan kedisiplinan juga tidak luput dari perhatian pembinaan santri Pondok Pesantren Ulul Albab. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan baik semi-formal, non-formal, ekstrakurikuler, maupun kegiatan sehari-hari santri, dari mulai bangun tidur sampai dengan tidur lagi, semuanya dilaksanakan dalam kerangka pendidikan dan melatih kepemimpinan serta kedisiplinan dan kemandirian santri. Semua itu dilaksanakan dengan tujuan terwujudnya Visi “BERAKHALKUL KARIMAH,UNGGUL BERASASKAN QUR’AN DAN SUNNAH”

Comments

Komentar